Selasa, 13 Juli 2010

konserfasi lingkungan laut

KONSERVASI LINGKUNGAN LAUT

Setelah tadi dipaparkan banyak hal mengenai lingkungan laut, barulah sekarang kita menyadari betapa pentingnya laut bagi kehidupan kita, meskipun sebagian besar sumber daya laut dapat diperbaharui namun kita tetap harus memeliharanya untuk kelangsungan hidup bagi generasi mendatang.

Konservasi merupakan salah satu upaya yang dilakukan oleh manusia untuk memelihara melestarikan lingkungannya. Konservasi biasanya dilakukan untuk mencegah terjadinya kepunahan berbagai jenis tumbuhan dan biota dalam suatu ekosistem, melalui berbagai cara tergantung dari ekosistem yang akan dikonservasi misalnya : mencangkok karang dalam ekosistem terumbu karang, dan penanaman mangrove sebagai tindakan pelestarian hutan mangrove. Sebenarnya ekosistem terumbu karang memiliki kemampuan yang baik dalam meperbaiki sendiri bila terjadi kerusakan dan memperbaharui bagian yang rusak. Namun ada beberapa cara yang dapat kita lakukan untuk menjaga dan memperbaiki ekosistem terumbu karang antara lain :

1. Mencegah penambangan karang yang sering dimanfaatkan sebagai bahan bangunan,

2. Mencegah pengerukan yang dapat menyebabkan teraduknya lumpur sehingga dapat membuat air menjadi keruh,

3. Membuang sampah pada tempatnya sehingga dapat menghindarkan lingkungan dari bahaya pencemaran,

4. Menghentikan penggunaan bahan peledak dan bahan beracun sebagai alat penangkap ikan, yang mengakibatkan kerusakan terumbu karang.

5. Menempatkan daerah industri atau pabrik jauh dari daerah pemukiman atau perumahan

6. Pembuangan limbah industri diatur sehinga tidak mencemari lingkungan atau ekosistem

7. Pengawasan terhadap penggunaan zat – zat kimia lain yang dapat menimbulkan pencemaran

8. Memperluas gerakan rehabilitasi, perlindungan, pecinta alam dan semacamnya

9. Tindakan tegas terhadap perilaku pencemaran lingkungan

10. Memberikan kesadaran terhadap masyarakat tentang arti lingkungan hidup sehingga manusia lebih mencintai lingkungannya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar