Sabtu, 17 Juli 2010

text narative dan contohnya

What is narrative text? Text narrative itu yang bgaimana si? Apa ciri-ciri dan tanda text narrative itu? Kalo kita browsing di google search engine misalnya, akan ada jutaan tag atau judul tentang contoh text narrative. Meski begitu kadang kita masih sedikit kesulitan untuk membedakan text narrative dengan text yang lainya husus nya text narrative sama text recount dan juga perbedaanya dengan text spoof. Ketiga text tersebut; narrative, recount, dan juga spoof berfungsi untuk “menceritakan suatu kejadian atau peristiwa”.

Hal paling mudah untuk mengidentifikasihkan apakah itu text narrative atu bukan. Bagaimana membedakan text narrative dengan text lainya, lagi lagi kita harus melihat generic structure text tersebut. Bagaimana text tersebut ditulis dan disusun menjadi sebuah ‘cerita” Pemahana generic strucure itu sangat membantu dalam menjawab pertanya yang sering ditemui dalam soal ujian semester atau ujian nasional semisal; what kind of text is it? What is the genre of the text? What is text types is it?

What and how is a narrative text? Sebuah text itu dinamakan text narrative jika text atau bacaan tersebut tersusun sebagai berikut. Susuna sebuah text ini biasanya dikenal dengan istilah generic strucutre. Generic structure sebuah text narrative bisa dilihat seperti dibawah ini:

Orientation: What is orientaton of narrative text? Orientasi mempunyai pengertian sederhana sebagai pengenalan sebiah cerita. Orientation akan beisi set up atau pegaturan waktu dan tempat atas peristiwa cerita itu terjadi. Set up time and place akan terdiri dari informasi atau jawaban atas pertanyaan”when and where”, dimana dan kapan peristiwa itu terjadi. Setelah informasi waktu dan tepat, Orientation sebuah text narrative juga memperkenalkan karakter, tokoh, pelaku dari sebuah peristiwa text narrative tersebut. Perkenalan karakter atu pelaku cerita tersebu menjawab pertanyaan “what and who” nya text narratyive.

Complication: What is complication of a narrative text? apakah komplikasi text narrative itu? Complication adalah sebuah delima, masalah, problem atau sesuatu yang tidak seperti yang diinginkan. Complikasi ini yang menghantarkan atau menhasilkan rankain peristiwa demi peristiwa yang harus dilakoni oleh tokoh cerita text narrative tersebut. Complication is the main element of the narrative text. Komplikasi adalah inti utama sebuah text narrative. Sederhana nya jika sebuah cerita tanpa menggambarkan adanya komplokasi, maslah, konflik, atau problem, maka cerita tersebut bukanlah sebuha text narrative.

Resolution: What is resolution of a narrative text? Resolusi atau pemecahan adalah akhir dari sebuah masalah. Resolusi bisa berupa akhir yang menyenangkan atau sebuah akhir cerita yang menyedihkan. Pada tahap resolusi ini biasanya banyak termuat nilai nilai moral yang terkandung dalam sebuh cerita yang ingin disampaikan oleh penulis atau pengarang text narrative tersebut

Bagaimana contoh text narrative tersebut? Bagaimana text narrative itu disusun? Berikut adlah salah satu contoh terbaik sebuah text narrative. Contoh text narrative dibawah ini diambil seperluhnya dari Moko Ratmoko

THE STORY OF JONAH

Once upon a time there was a village in North Israel. All the people lived peacefully there. One of them was Jonah. Jonah lived with his parents. They loved him very much.

One night when the people of Jonah’s village were sleeping, the Syrian knights attacked his village. They burned down the houses. One of them threw a torch into Jonah’s house. Jonah’s house was on fire.

Jonah and his parents avoided the fire burning their house. They saved themselves by climbing a ladder to the upstairs. It was too high for them to jump down to the ground from the upstairs. Jonah’s father took a rope to get down from the stairs to the ground. They escaped to another village.

How can the text about the story of jonah be identified as narrative text? Contoh text narrative tentang cerita Jonah diatas mempunyai susunan generic structure sebagai berikut secara berurutan:

Orientasi: Setting waktu dan tempat juga memperkenalkan toh cerita Jonah dan keluarganya sanga jelas disebutkan pada paragraf 1

Komplikasi: Munculnya permasalahan dijelaskan pada paragraf 2 dengan timbulnya gambaran terhadap serangan ksatria Syrian terhadap desa yang dihuni Jonah dan keluarganya yang hidup saling mengasihi

Resolusi: Pemecahan atau akhir cerita terhadap serangan tersebut dijelaskan dalam paragraf 3, dimana Jonah dan keluarganya berusaha kabur melarikan diri dari serangan kesatria tersebut dan dia berhasil selamat mereka kehilangan rumah nya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar